Dandim 0716/Demak Apresiasi Bank Sampah Warga Pujatim Batursari Mranggen

    Dandim 0716/Demak Apresiasi Bank Sampah Warga Pujatim Batursari Mranggen
    Sekelompok ibu rumah tangga di Pucang Jajar Timur (Pujatim), komplek Perumahan Bumi Pucang Gading, RW XXI Desa Batursari, Kecamatan Mranggen. Senin, (28/03/2022).

    DEMAK - Sekelompok ibu rumah tangga di Pucang Jajar Timur (Pujatim), komplek Perumahan Bumi Pucang Gading, RW XXI Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, berinisiatif mengelola sampah hingga memiliki nilai jual. Mereka yang tergabung dalam kelompok PKK memulai usaha Bank Sampah sudah sejak beberapa tahun lalu.

    Setiap hari Sabtu dan Minggu, ibu-ibu PKK di kampung Pujatim, wilayah yang menjadi Pelopor Kampung Pancasila dan diresmikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudinato beberapa pekan lalu tersebut mengumpulkan sampah dari nasabah yang merupakan warga serta anggota PKK.

    Ada beragam jenis sampah yang bisa disetorkan, mulai dari sampah bekas air minum kemasan, kardus, sampah plastik, hingga rongsokan. Warga pun telah dibekali ilmu untuk memilah dan memisahkan jenis sampah.

    Menurut Ketua RW setempat, Harun Rosid, Bank Sampah yang diinisiasi oleh warganya, merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan, akan tetapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. 

    NEWSPAPER.CO.ID
    market.biz.id NEWSPAPER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan.

    “Bank Sampah ini merupakan strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah yang ada. Sehingga barang yang sudah dianggap tidak berguna ini, dapat dimanfaatkan sehingga mendapatkan nilai ekonomi, ” jelas Harun, Senin (28/03/2022).

    Uang hasil penjualan dari Bank Sampah di kampung Pujatim RW XXI Desa Batursari, digunakan untuk berbagai keperluan kelompok PKK, diantaranya, simpan pinjam, perawatan kebersihan taman, pengadaan tong sampah dan dana sosial lainnya.

    Sementara itu, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, dilokasi terpisah menyebut, aktivitas ibu-ibu di kampung Pujatim Batursari Mranggen, yang merupakan Pelopor Kampung Pancasila di Kabupaten Demak, sangat inovatif. Di tengah kesibukannya, mereka mampu memanfaatkan waktu untuk mengelola Bank Sampah.

    Menurutnya, selain manfaat ekonomi, Bank Sampah juga bermanfaat dalam pembangunan lingkungan pemukiman yang bersih, hijau, sehat dan nyaman bagi warganya.

    “Maka tak salah, jika Pucang Jajar Timur Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, kemarin terpilih menjadi pelopor Kampung Pancasila. Selain warganya yang hidup damai di tengah kemajmukan masyarakatnya, ibu-ibunya juga aktif dalam berbagai kegiatan yang bersifat membangun, salah satunya dengan mengelola Bank Sampah. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi warga lainnya, terutama warga di Kabupaten Demak, ” tegas Dandim.

    Secara umum, pengelolaan Bank Sampah, bukan hanya dinilai dari segi ekonominya saja. Akan tetapi, pengumpulan dan pengelolaan sampah ini menjadi upaya untuk menanamkan rasa kepedulian lingkungan bagi warga masyarakat.

    Editor             : JIS Agung w

    Sumber         : Pendim 0716/Demak

    DEMAK JATENG
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Desa Bunderan Bersama Perangkat...

    Artikel Berikutnya

    Antisipasi Gangguan Kamtib di Rutan, Personel...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Pardal Riyanto verified

    Arif Rido

    Arif Rido verified

    Postingan Bulan ini: 52

    Postingan Tahun ini: 823

    Registered: Oct 4, 2021

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 46

    Postingan Tahun ini: 551

    Registered: Apr 8, 2021

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 41

    Postingan Tahun ini: 476

    Registered: Jul 11, 2020

    Achmad yonathan alexander

    Achmad yonathan alexander verified

    Postingan Bulan ini: 40

    Postingan Tahun ini: 103

    Registered: May 11, 2022

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kasdim 0312/Padang, Jangan Selesaikan Masalah Pribadi Dengan Cara Yang Salah
    Dandim Tegal Membacakan Amanat Danrem 071/WK Pada Upacara Awal Bulan Agustus
    Pagelaran Puncak Tandange Wong Cirebon Ngalap Berkah Sang Cipta Rasa
    Cirebon Lari 10K Dalam Rangka Jari Jadi Cirebon Ke 653

    Rekomendasi

    Tampung Aspirasi Warga, Irdam IV/Diponegoro Tampak Akrab di Lokasi TMMD Kodim 0716/Demak
    Tinjau TMMD Reguler ke-114 Kodim 0716/Demak, Janda Menangis di Depan Irdam IV
    Irdam IV/Diponegoro Tinjau Pelaksanaan TMMD Reguler Ke-114 Kodim 0716/Demak
    Keseruan Anak-Anak Bermain di Lokasi TMMD Reguler Ke-114 Kodim 0716/Demak
    Pengecoran Titik Jalan Desa TMMD Kodim Demak Capai 90 Persen, Impian Warga Akan Terwujud

    Ikuti Kami